home

Jumat, 12 November 2010

Delapan tempat menarik di Saudi

jika ada waktu lebih setelah menunaikan haji, maka ada delapan tempat wisata menarik di Arab Saudi yang layak Anda kunjungi.

Berikut adalah kedelapan tempat menarik itu:

1. Situs Arkeologi Al-Hijr (Madain Shalih). Ini adalah situs arkeologi pra Islam di sektor Al-Ula. Tempat itu juga dikenal Mada’in Saleh atau kotanya Nabi Shaleh as yang dibangun oleh kaum Tsamud.

2. Kota Tua Jeddah. Ini adalah rangkaian bangunan tradisional dan rumah-rumah bertingkat pedagang yang mencerminkan identitas budaya Saudi.

3. Riyadh adalah ibukota Saudi Arabia, daerah yang mempunyai tempat hiburan, museum dan olah raga paling lengkap.

4. Dataran Tinggi Nejd. Ini adalah tempat tinggal suku asli Arab atau Badui yang masih tinggal di gurun dan berpindah-pindah.

5. Resort Abha. Adalah tempat wisata di Provinsi Asir yang menjadi magnetis bagi wisatawan karena acara olah raga, seni pertunjukan dan konser musik senantiasa hadir di sini. Di kota tersebut juga terdapat Istana Shadda yang dibangun pada 1820 dan kini menjadi museum.

6. Hira adalah gua di Gunung Jabal Nur, sekitar 2 mil dari Mekah. Gua ini adalah tempat Nabi Muhammad Saw menerima wahyu kenabian yang pertama.

7. Masjid Nabawi. Adalah masjid suci di Kota Madinah, di mana Nabi Muhammad Saw dimakamkan.

8. Terakhir, tentu saja Mesjid Al-Haram. Selain sebagai tempat Anda berhaji dan beribadah, mesjid ini tidak pelak menjadi juga tempat Anda bisa mengagumi banyak hal di luar ibadah dan Islam. Jadi, selesai berhaji, jangan cepat-cepat meninggalkan mesjid ini.